Mengenal istilah desain brosur

  • BrosurBrosur memiliki ukuran sebesar ukuran kertas standar internasional, seperti A5 atau A4. Kertas ini kemudian dilipat secara horisontal sehingga membentuk jalur lipatan yang vertikal. Jika lipatannya hanya satu, sehingga membuat 2 halaman pada masing-masing sisinya, maka disebut brosur bi-fold(lipat 2). Namun jika lipatan pada kertas brosur ada 2, sehingga membentuk 3 halaman pada masing-masing sisi, maka disebut brosur tri-fold (lipat tiga).

    Menurut desain76 Brosur biasanya berukuran satu halaman kertas folio atau biasanya juga ukuran A4. brosur ini ada macamnya, ada yang be-fold atau lipat dua, ada yang tri-fold atau lipat tiga.

    Isi dalam brosur diantaranya adalah logo, hal yang utama, logo harus bagus dan baik, maka ketika anda menggunakan layanan jasa desain logo, gunkanlah jasa desain logo yang profesional.

    Beda dengan flayer

    Perkembangan flyer yang sangat menarik adalah yang terjadi pada dunia clubbing/rave. Flyer mereka biasanya menginformasikan acara-acara dalam scene tersebut, baik itu tema, tempat, waktu ataupun dj yang akan tampil. Mengapa flyer menjadi penting disini? Secara historis, hubungan antara flyer sebagai media promosi sebenarnya sangat dekat dengan dengan dunia musik/klub. Bila sedikit menilik ke era 60-an, dimana pada saat itu industri musik (eropa-amerika)merupakan sebuah industri yang sedang tumbuh. Dan karena pendanaan yang terbatas, kemudian para promotor dan clubbers mencari alternatif media yang riil. Flyer kemudian menjadi opsi ‘pencerahan', karena dengan promosi yang disampaikan langsung ke tangan audiens yang dituju, flyer menjadi strategi marketing yang relatif murah tetapi efektif. Itu pulalah pola yang terjadi pada flyer dalam dunia rave saat ini.

    Macam ukuran brosur:

    F4 ( 21,5 x 33 cm)
    Dari ukuran F4 ini biasa dibentuk menjadi type bi-fold, tri-fold, gate-fold dan z-fold.
    A4 (21,5 x 30 / 21 x 30 cm)
    Dari ukuran A4 ini lebih baik dibuat menjadi type bi-fold saja. Karena ukurannya yang agak lebih kecil ketimbang F4.
    A5 (21,5 x 15 cm)
    Untuk ukuran inilah yang biasa dimasyarakat disebut dengan flyer. Karena flyer selalu dibayangkan brosur dalam ukuran lebih kecl dari biasanya dan hanya 1 lembar saja serta tidak ada lipatan sama sekali.
    A6 (ukuran postcard)
    Dan untuk ukuran postcard sangat jarang memakai ukuran ini. Tetapi umumnya ukuran F4 dibagi menjadi 2 atau 3. Dan ukuran A4 dibagi menjadi 2.

(200 symbols max)

(256 symbols max)